Pengertian, Trik Serta Perkembangan Skateboarding Indonesia

0 Comment
Sports
Pengertian, Trik Serta Perkembangan Skateboarding Indonesia

Pasti sudah banyak yang sering mendengar ataupun melihat secara langsung permainan skateboarding. Ini merupakan olahraga yang sedang digemari kalangan anak muda termasuk di Indonesia. Walau terlihat ekstrim nyatanya skateboarding Indonesia banyak peminatnya. Olahraga yang mulanya untuk mengisi waktu luang ini sekarang telah ditekuni secara serius oleh para atlit skateboard (skateboarder ).

Pengertian Skateboarding

Skateboard atau skateboarding berarti papan seluncur dalam bahasa Indonesia. Papan seluncur yang memiliki sebuah papan dengan emat roda yang digunakan untuk meluncur. Cara memacunya adalah dengan mendorong menggunakan satu kaki dan kaki lainnya berada di atas papan sebagai pijakan dan penyeimbang.

Jika berada dijalan turunan, pengguna bisa berdiri diatas papan dengan kedua kaki dan biarkan papan meluncur dengan sendirinya. Skateboarding cukup populer juga di Indonesia.

Olahraga yang mengandalkan gaya gravitasi sebagai pemacu ini sudah menghasilkan banyak atlet skateboarding Indonesia yang tidak hanya terkenal di dalam negeri tetapi juga terkenal hingga diluar negeri.

Perkembangan Skateboarding Indonesia

Olahraga skateboarding Indonesia masih tergolong sangat baru, sekitar tahun 80an. Peminatnya cukup banyak kala itu, walaupun tidak pernah diadakan kejuaraan. Biasanya para skater mendapatkan informasi dengan cara menonton video ataupun membaca majalah luar negeri.

Pada tahun 1996 Craig Huddleston membuka toko skateboarding dengan nama City Surf. 2 tahun kemudian terselenggaralah kejuaraan skateboard sekala lokal di Jakarta. City Surf masih sering mengadakan kejuaraan skateboarding di 3 kota besar. Kriteria penobatan seperti keaktifan peserta dalam mengikuti pertandingan selama setahun penuh dan point yang dikumpulkan selama setahun itu.

Trik Dasar Skateboarding

Pastikan kuasai dasar dari bermain skateboarding, seperti mendorong, berhenti, belok dan keseimbangan. Ada pula trik yang cukup populer dimainkan para atlet skateboarding Indonesia. Berikut trik yang dipakai para atlet skateboarding Indonesia:

1. Trik Ollie

Ollie merupakan trik terpenting yang harus dikuasai pemain skateboarding Indonesia. Karena trik ini merupakan trik dasar sebelum mempelajari level yang lebih tinggi. Berikut cara melakukannya:

  • Trik ini dilakukan ketika melompat, tetapi papan tetap menempel pada kaki. Dibutuhkan tempat yang rata, keseimbangan dan perhitungan waktu.
  • Cara pertama, tekuklah lutut ketika meluncur. Selanjutnya lompat dan mendarat di bagian belakang papan. Untuk meredam goncangan pastikan lutut ditekuk ketika mendarat.

2. Trik Nollie

Untuk trik berikutnya yang harus dipelajari skateboarding Indonesia adalah nollie. Trik yang merupakan variasi dari ollie ini dimana mendarat di ujung depan papan kebalikan dari trik Ollie. Pastikan mahir dalam trik Ollie sehingga melakukan trik Nollie tidak akan sulit. Berikut cara melakukannya:

  • Mula-mula letakkan kaki di ujung papan skateboard, sedangkan kaki satunya di tengah papan.
  • Selanjutnya, menunduk sedikit, lalu melompat dan mendarat di ujung papan depan. Tekuklah sedikit lutut saat mendarat.

3. Trik Manual

Melakukan trik ini tidak jauh berbeda seperti melakukan wheelie pada sepeda. Dimana posisi bertumpu pada roda belakang saat roda depan di udara, namun masih dalam posisi meluncur. Berikut cara melakukannya:

  • Trik yang digemari pemain skateboarding Indonesia ini sangat bergantung pada keseimbangan. Jadi pastikan penempatan kaki pada posisi pas. Lalu letakkan kaki belakang pada ujung papan, sedangkan kaki depan pada ujung depan papan.
  • Posisikan berat badan kebelakang, sehingga bagian depan papan terangkat. Tahanlah posisi ini ketika meluncur.
  • Pastikan saat mempelajari trik ini, jangan terlalu bertumpu ke belakang. Karena akan membuat mudah terjatuh dan membuat gesekan papan dengan tanah, sehingga papan kelamaan akan rusak. Gunakanlah helm untuk keamanan.

Itulah beberapa hal mengenai skateboarding Indonesia yang bisa jadi acuan belajar. Bermain awalnya hanya untuk bersenang jangan sampai berujung bahaya, jadi pastikan ikuti aturan permainan dan gunakan semua perlengkapan pelindung yang dibutuhkan.

Facebook 0 Twitter 0 Google Plus 0 Digg 0 Pinterest 0

LEAVE A COMMENT