Ini 5 Peralatan Yang Dibawa Saat Rafting Dan Tak Boleh Ketinggalan

0 Comment
Sports
Ini 5 Peralatan Yang Dibawa Saat Rafting Dan Tak Boleh Ketinggalan

Rafting merupakan salah satu rekreasi yang sangat disukai oleh banyak orang. Kegiatan olahraga yang satu ini tentunya harus menggunakan peralatan dengan standar keamanan yang tinggi. Dengan peralatan yang memadai maka dapat meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan. Adapun beberapa peralatan yang dibawa saat rafting untuk meminimalisir kejadian tersebut adalah sebagai berikut:

1. Perahu Karet Atau Boat

Perahu karet atau boat yang digunakan dalam rafting biasanya memuat 4 sampai 10 orang, itu pun tergantung dari besar kecilnya perahu karet tersebut. perahu karet sendiri terbuat dari bahan khusus yang sangat kuat dan berkualitas.

Untuk perahu karet sendiri terdiri dari dua tipe yakni non self bailling. Perahu karet tersebut merupakan perahu karet yang tidak mempunyai pembuangan air, sehingga perlu disediakan ember untuk membuang air yang masuk. Sedangkan jenis perahu karet yang kedua adalah self bailling yakni jenis perahu karet yang dilengkapi dengan lubang-lubang pada perahu karet untuk pembuangan air.

2. Pelampung Atau Life Jacket

Peralatan yang satu ini sangat penting sekali. pelampung sendiri bisa membantu jika terjatuh ke air, sehingga memungkinkan para peserta terapung dan mudah untuk menyelamatkan diri. Selain untuk pelampung, life jacket ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari benturan dengan benda lain.

Life jacket tersebut ada yang dilengkapi dengan pelindung tubuh sampai ke tengkuk leher ada yang tidak. penggunaan life jacket ini pun harus dipastikan tidak terlalu longgar dan tidak terlalu kencang. Hal tersebut tentunya sangat penting untuk keamanan dan kenyamanan.

3. Pelindung Kepala Atau Helm

Peralatan yang dibawa saat rafting yang selanjutnya adalah pelindung kepala atau helm. Peralatan ini sangat penting sekali untuk digunakan, karena fungsi dari helm itu sendiri melindungi kepala dari benturan benda-benda keras. Bukan hanya itu saja, saat terjatuh karena aliran sungai pada umumnya yang terdapat bebatuan saja, namun saat berbenturan dengan peserta lain.

pelindung kepala ini sendiri biasanya tersedia dalam berbagai macam ukuran, pilihlah ukuran yang sesuai dengan kepala serta atur kekencangan sesuai dengan kenyamanan. Jika terlalu kencang, maka kepala pun akan tidak terasa nyaman. Maka dari itu, sisakan kelonggaran tali sekitar dua jari dari dagu.

4. Dayung Atau Paddle

Seperti namanya, dayung ini digunakan untuk mendayung perahu karet. Dayung tersebut berfungsi untuk mengatur laju perahu karet baik itu untuk maju, belok, mundur, ataupun berhenti. Kekuatan dan berat dayung merupakan hal yang sangat penting. Dayung sendiri biasanya terbuat dari kayu, fiber, plastik, serta alumunium.

Dayung yang terbaik sendiri biasanya terbuat dari alumunium dan plastik. Hal tersebut karena dayung akan terasa ringan dan bisa terapung dalam air. Pegangan pada ujung dayung biasanya berbentuk huruf T serta gagangnya sendiri terbuat dari alumunium. Sedangkan panjang dari dayung sendiri antara 150 sampai dengan 170 meter, hal tersebut disesuaikan juga dengan peserta raftingnya.

5.  Tas Kedap Air Atau Dry Bag

Peralatan yang dibawa saat rafting yang terakhir adalah tas kedap air atau dry bag. Tas ini biasanya dikaitkan pada bantalan perahu. Hal tersebut digunakan untuk menyimpan benda-benda yang tidak boleh basah atau terkena air. Seperti perlengkapan P3K, repair it, kamera, hp, serta dompet. Untuk lebih nyaman, peralatan yang sekiranya tidak perlu dibawa maka dititipkan saja pada petugas.

Itulah beberapa peralatan yang dibawa saat rafting. Dengan membawa beberapa peralatan tersebut, maka kegiatan rafting pun akan semakin menyenangkan, aman, serta nyaman.

Facebook 0 Twitter 0 Google Plus 0 Digg 0 Pinterest 0

LEAVE A COMMENT