5 Teknik Panjat Tebing Yang Perlu Di Kuasai Terutama Bagi Pemula

0 Comment
Sports
5 Teknik Panjat Tebing Yang Perlu Di Kuasai Terutama Bagi Pemula

Panjat tebing adalah olahraga yang cukup menguji nyali bagi beberapa orang. Namun bagi para pecinta alam dan ketinggian hal ini bukanlah sesuatu yang menakutkan. Olahraga ini membutuhkan berbagai persiapan fisik, mental, dan juga peralatan yang tepat. Selain itu, olahraga ini juga  membutuhkan teknik panjat tebing yang tepat untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

Untuk pemula biasanya mereka akan latihan indoor terlebih dahulu. Setelah menguasai teknik panjat tebing pada latihan indoor barulah melakukan pendakian pada tebing yang sesungguhnya. Lalu apa saja teknik panjat tebing yang perlu dikuasai untuk para pemula? Berikut ulasannya. Ada beberapa teknik mendaki yang perlu dikuasai untuk olahraga panjat tebing ini, terutama bagi para pemula.

1. Face Climbing

Face climbing yaitu memanjat pada permukaan tebing yang mana masih terdapat tonjolan atau rongga yang dapat dijadikan sebagai pijakan kaki maupun pegangan tangan. Pada umumnya banyak sekali para pendaki pemula salah dalam melakukan teknik ini, mereka biasanya menahan berat badan pada pegangan tangan, dan menempatkan badannya ke tebing.

Hal ini adalah kebiasaan yang salah, kekuatan tangan tak akan mampu menumpu berat badan sehingga tangan akan cepat terasa lelah. Hal yang benar untuk dilakukan adalah menumpu berat badan pada kekuatan kaki.

2. Friction / Slab Climbing

Teknik selanjutnya adalah Friction / Slab Climbing. Teknik ini hanya mengandalkan gaya gesekan yang digunakan sebagai gaya penumpu. Hal ini dilakukan pada permukaan tebing yang tidak terlalu vertical, tidak mulusnya permukaan tebing cukup untuk menghasilkan gaya gesekan.

Gesekan terbesar dapat diperoleh dengan membebani bidang gesek dengan bidang normal sebesar mungkin. Memiliki sol sepatu yang baik dan pembebanan maksimal diatas kaki dapat memberikan gaya gesek yang cukup baik.

3. Fissure Climbing

Teknik terakhir dari teknik mendaki yang perlu diketahui para pemula yaitu Fissure Climbing. Dimana teknik ini memanfaatkan celah yang di dapatkan dari  anggota badan si pendaki, yang mana seolah-olah anggota badan berfungsi sebagai pasak.

4. Free Climbing

Free climbing adalah alat pengaman terbaik yang didapat dari diri sendiri. Keselamatan diri dapat ditingkatkan dengan adanya keterampilan yang diperoleh dari latihan yang baik dan juga mengikuti prosedur yang benar. Pada free climbing, peralatan hanya  berfungsi sebagai pengaman di saat jatuh saja.

Dalam pelaksanaannya pendaki bergerak sambil memasang peralatan, meskipun tanpa alat-alat ia masih mampu bergerak atau melanjutkan pendakian. Dalam type pendakian ini biasanya seorang pendaki akan diamankan oleh belayer.

5. Free Soloing

Teknik ini Merupakan bagian dari free climbing, bedanya si pendaki akan benar-benar melakukan dengan segala resiko yang dihadapi sendiri. Dalam pergerakannya ia tidak memerlukan peralatan pengaman.

Untuk melakukan ini, pendaki harus mengetahui segala bentuk rintangan dan pergerakan pada rute yang akan dilalui. Bahkan terkadang pendaki harus menghapalkan dahulu segala gerakan, baik tumpuan atau pun pegangan.

Biasanya yang melakukan free soloing climbing adalah yang sudah pernah mendaki pada lintasan yang sama. Resiko dihadapi pendaki tipe ini sangat fatal, sehingga hanya orang yang mampu dan benar-benar professional yang akan melakukannya.

Nah itulah beberapa teknik panjat tebing yang perlu di kuasai terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga yang cukup ekstrim tersebut. Dengan telah mengetahui dan menguasai teknik dari panjat tebing maka akan mudah untuk para pemula mendalami olahraga alam yang cukup banyak diminati ini.

Facebook 0 Twitter 0 Google Plus 0 Digg 0 Pinterest 0

LEAVE A COMMENT