Tips Dan 5 Cara Bermain Inline Skate Untuk Pemula Yang Wajib Diketahui

0 Comment
Sports
Tips Dan 5 Cara Bermain Inline Skate Untuk Pemula Yang Wajib Diketahui

Inline skate merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan, para pemula jika ingin mencoba olahraga ini ada beberapa tips dan cara bermain inline skate untuk pemula yang harus dipelajari. Harus bisa menyeimbangkan diri agar tidak jatuh dan cidera.

Cara Bermain Inline Skate Untuk Pemula

Sebelum memulai untuk bermain olahraga inline skate harus mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan. Jika perlengkapan sudah siap, tinggal berlatih untuk bisa bermain dengan baik. Nah, bagi yang ingin tahu cara bermain inline skate untuk pemula yuk simak tips dan 5 cara nya dibawah ini.

1. Berdiri Untuk Menyeimbangkan Tubuh

Cara bermain inline skate untuk pemula yang pertama adalah belajar berdiri dengan menggunakan sepatu inline skate. Dengan cara ini diharuskan untuk mencari penopang  atau tembok untuk berpegangan, dengan posisi badan siap atau berdiri tegak. Kaki terbuka agak lebar sekitar 15-25 cm, tekuk lutut dan dorong ke depan dengan membentuk huruf V.

2. Melangkah Kecil

Ketika tubuh sudah seimbang coba melangkah dengan langkah-langkah kecil, karena saat baru pertama bermain inline skate terasa seperti memakai sepatu yang sangat licin sehingga takut tergelincir. Ambilah beberapa langkah kecil sebelum memulai berjalan dan meluncur dengan cepat.

Melangkahlah dengan posisi kaki membentuk huruf V, tapi dengan langkah kecil dan salah satu kaki posisinya diagonal ulangi dengan kaki yang lain sehingga membentuk huruf V. Jangan lakukan cara ini bersamaan antara kedua kaki, karena kaki akan saling bertabrakan sehingga risiko terjatuhnya pun lebih besar.

3. Coba Berjalan Pelan

Jika tubuh sudah mulai seimbang saat berdiri menggunakan sepatu roda, selanjutnya adalah belajar jalan perlahan menggunakan inline skate. Gerakkan kaki kanan terlebih dahulu untuk melangkah kedepan, dilanjutkan dengan kaki kiri. Tapi jika belum seimbang, namun tetap ingin mencoba langsung berjalan makan carilah pegangan atau tembok untuk tetap menopang tubuh.

Jika sudah lancar berjalan ke kanan dan ke kiri, coba berjalan menyamping sambil melepas pegangan. Setelah itu dorong kaki lebih keras agar kaki bisa melangkah maju lebih cepat.

4. Cara Meluncur Dibelokkan

Yang keempat cara bermain inline skate untuk pemula setelah bisa berdiri seimbang dan berjalan adalah meluncur dibelokkan. Pertama posisi kaki masih tetap membentuk huruf V, selanjutnya kaki kanan mendorong dari arah belakang, dan kaki kiri meluncur dengan posisi kaki di di depan.

Jika ingin meluncur dibelokkan, cukup miring kan tubuh ke arah yang diinginkan, misal ingin berbelok ke kanan makan condongkan tubuh ke arah kanan begitu pun sebaliknya.

5. Cara Berhenti Menggunakan Rem Tumit

Biasanya orang-orang yang ingin coba bermain inline skate belum mengetahui cara bermain inline skate untuk pemula yang benar, termasuk cara berhentinya. Banyak yang berhenti bermain inline skate dengan cara menabrakan diri pada suatu benda atau dinding. 

Padahal untuk berhenti, bisa menggunakan rem di tumit kaki. Posisikan salah satu kaki berada di depan kaki lainnya, lalu angkat ibu jari pada kaki yang berada di depan sambil memiringkan badan ke belakang.

Cara ini memudahkan untuk membantu rem tumit menggesek permukaan agar memperlambat gerakan laju roda. Lakukan dengan hati-hati agar tidak jatuh terlentang/tersungkur.

Tips Bermain Inline Skate

Jika ingin bermain inline skate ini tidak bisa dilakukan sembarangan karena bisa membahayakan. Berikut tips yang bisa diperhatikan untuk bermain inline skate:

  • Jika sudah belajar melangkah menggunakan sepatu roda, selanjutnya cara terbaik untuk meluncur adalah berusaha membentuk kaki menjadi seperti huruf V. Jangan sampai mengambil langkah terlalu tinggi dan lebar, usahakan agar lutut tetap menekuk.
  • Belajarlah di permukaan yang rata dan kering, agar meminimalisir risiko tergelincir. Karena apabila belajar di tempat yang basah maka akan mudah terjatuh.
  • Gunakan perlengkapan untuk tetap menjaga keselamatan, seperti helm agar kepala tidak terbentur benda keras jika terjatuh dan gunakan pelindung siku dan lutut (dekker/protector) agar tetap aman.

Itulah tips dan 5 cara bermain inline skate untuk pemula yang harus diketahui khususnya bagi pemula. Menjaga keselamatan itu perlu, walaupun hanya sekedar belajar jadi jika bermain inline skate harus menggunakan perlengkapan yang sesuai agar tidak cidera.

Facebook 0 Twitter 0 Google Plus 0 Digg 0 Pinterest 0

LEAVE A COMMENT