5 Manfaat Olahraga Panjat Tebing Untuk Perempuan

0 Comment
Sports
5 Manfaat Olahraga Panjat Tebing Untuk Perempuan

Olahraga ini kini telah mengalami perubahan dari sekedar hobi menikmati alam terbuka hingga menjadi profesi olahraga. Tak heran jika saat ini olahraga panjat tebing dapat dilakukan baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Selain itu, olahraga ini pun telah menjadi salah satu cabang olah raga yang dipertandingkan.

Olahraga ini kini telah mengalami perubahan dari sekedar hobi menikmati alam terbuka hingga menjadi profesi olahraga. Tak heran jika saat ini olahraga panjat tebing dapat dilakukan baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Selain itu, olahraga ini pun telah menjadi salah satu cabang olah raga yang dipertandingkan.

1. Menumbuhkan Keberanian

Olahraga ini cukup memacu adrenalin para pemainnya. Memanjat tebing bukanlah hal yang mudah sekalipun telah dilengkapi dengan peralatan pengamanan. Ketika memanjat suatu tebing, ada kalanya jalur yang dilewati cukup sulit untuk ditaklukkan.

Pengetahuan mengenai batuan yang minim diketahui oleh pendaki, sungguh jika bukan tekad yang kuat pendaki pasti akan menyerah. Disinilah para pendaki diuji keberaniannya. Ditambah lagi jika melihat pengaman masih agak jauh di atas kepala serta pengaman terakhir berada jauh di bawah pendaki.

Apabila pendaki tidak melanjutkan naik ke tebing maka pendaki itu akan jatuh jauh ke bawah. Jika hal itu terjadi maka badan akan terasa sakit akibat benturan.

2. Memupuk Semangat Kerjasama Mandiri

Panjat tebing tidaklah dilakukan sendirian, melainkan berkelompok atau dalam tim. Setiap anggota tim pemanjatan memiliki peran masing-masing yang saling berkaitan satu sama lain. Leader akan membuat jalur, sedangkan cleaner akan membersihkan jalur yang akan dilewati serta membuat jalur lain untuk orang selanjutnya.

Selain itu, adapula rescuer yang bertugas menjadi penyelamat. Tim penyelamat selain menyelamatkan korban kecelakaan, tapi juga sebagai pembawa logistik untuk memenuhi kebutuhan di atas tebing.

Selain itu, tim penyelamat juga ada yang tinggal di bawah tebing untuk mengawasi jalannya pemanjatan. Kerjasama yang baik antar setiap peran yang dilakukan dimaksudkan agar olahraga ini berjalan dengan lancar.

3. Melatih Kesabaran

Dikatakan bahwa olahraga panjat tebing dapat melatih kesabaran karena kerjasama antar anggota tim sangat erat dilakukan. Sebagai contoh jika salah satu anggota tim memanjat tebing dan kemudian anggota yang lain menjadi belayernya maka belayer tersebut harus sabar.

Disini belayer itu akan menengadah dalam waktu yang cukup lama agar anggota yang lain mencapai target. Leher pasti akan sangat pegal, namun keselamatan anggota lain ada ditangan belayer itu. Itulah mengapa olahraga ini melatih kesabaran.

4. Menimbulkan Sikap Pantang Menyerah

Olahraga ini membuat para pemanjatnya selalu memiliki target ketinggian yang ingin dicapai. Menambah ketinggian, bukanlah hal yang tak wajar di olahraga ini. Namun, dalam rangka menambah ketinggian pun tidak dapat dilakukan beramai-ramai. Anggota tim akan bergiliran untuk menambah ketinggian.

Peran setiap anggota tim yang berbeda-beda membuat olahraga ini ketergantungan satu sama lain. Namun seorang leader tidak dapat menggagalkan target timnya sendiri. Oleh karena itu, untuk mencapai target yang diinginkan maka sikap pantang menyerah lah yang harus terus dipupuk di permainan ini.

5. Mengajarkan Arti Kepuasan

Memanjat tebing itu menyenangkan dan mengasyikkan. Para pemanjat perempuan di dunia tidak memiliki alasan khusus mengapa mereka memanjat. Namun satu hal yang perlu diketahui, memanjat tebing membuat mereka puas. Mereka menikmatinya sebagai suatu hal yang impas dengan pemandangan indah yang akan mereka dapatkan akhirnya.

Itulah 5 manfaat olahraga panjat tebing untuk perempuan. Hal yang dapat membuat perempuan menjadi lebih mandiri, dapat lebih bisa diajak bekerjasama serta lebih sabar dan tidak mudah putus asa.

Facebook 0 Twitter 0 Google Plus 0 Digg 0 Pinterest 0

LEAVE A COMMENT